Header


KESEKRETARIATAN


Bidang Kesekretariatan terdiri atas empat divisi, yaitu Sekretaris, Divisi MSDM, Divisi Keuangan, serta Divisi Medinfo.


Sekretaris


Sekretaris merupakan bagian dari Bidang Kesekretariatan yang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Fungsi Sekretaris adalah untuk menjaga dan memastikan keteraturan sistem dalam himpunan, terutama yang berhubungan dengan pengarsipan surat dan notulensi. Tugas utama Sekretaris adalah melakukan pengarsipan dan penyimpanan surat serta proposal, membuat notula untuk setiap rapat, serta menjalankan mading sekretaris.



Divisi MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia)


Divisi MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) merupakan divisi yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya manusia yang tidak lain dan tidak bukan merupakan seluruh anggota Nymphaea. Divisi MSDM memiliki program kerja yang meliputi pendataan dan pengarsipan database anggota, pendistribusian anggota dalam setiap kepanitiaan dan kegiatan sesuai dengan minat dan ranahnya masing-masing, penilaian kinerja anggota, serta sebagai sarana pemberian apresiasi bagi anggota Nymphaea yang berprestasi dalam bentuk Nymphaea of the Month. Secara keseluruhan, divisi ini mungkin memang terlihat sangat administratif dengan berbagai kerjaan kantoran yang pasif dan menjemukan. Namun jangan salah,  dalam melihat dan mengatur kebercukupan massa dalam setiap kegiatan, membutuhkan insting yang tajam dan kemampuan analisa yang tinggi.


Divisi Keuangan

Divisi Keuangan merupakan divisi yang berperan dalam hal yang berurusan dengan keuangan himpunan. Selain mengatur dan merencakan anggaran belanja himpunan, Divisi Keuangan juga mengusahakan pendapatan untuk himpunan dari bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu Divisi Keuangan terbagi menjadi Tim Bendahara, yang berperan mengatur keuangan, serta Tim Proyek Bisnis yang terlibat langsung dalam bisnis yang dijalankan. Proyek bisnis sendiri dapat berupa pelayanan dan penyedia kebutuhan anggota himpunan seperti atribut dan perlengkapan berkaitan dengan akademik maupun penjualan produk keluar himpunan.


Divisi Media dan Informasi

Divisi Media dan Informasi atau yang lebih dikenal sebagai Divisi Medinfo merupakan salah satu divisi yang berada di bawah naungan Kesekretariatan. Divisi Medinfo memiliki peran yang sangat penting dalam ketersebaran informasi di dalam himpunan, oleh karena itu divisi ini memegang seluruh sistem informasi yang bersifat offline maupun online, serta berkewajiban untuk memastikan bahwa informasi dapat sampai ke tangan massa himpunan. Selain sebagai penyebar informasi, Divisi Medinfo juga memfasilitasi massa Nymphaea dalam pengembangan diri di bidang jurnalistik, yaitu lewat seminar jurnalistik serta rubrik Nymphaea Menulis yang ada dalam buletin Nymphaea. Selain Buletin Nymphaea, karya lain dari Divisi Medinfo adalah majalah mengenai ilmu dan teknologi hayati yaitu E!Bio. Majalah yang terbit satu kali tiap satu kepengurusan ini berisi info-info terkini tentang ilmu dan teknologi hayati dan disebarkan secara luas ke banyak universitas-universitas lain di Indonesia lewat forum IKAHIMBI (Ikatan Himpunan Biologi Indonesia).

Komentar Terbaru
Twitter Feed