Header


INTERNAL

Bidang Internal adalah suatu bidang yang secara khusus menangani kenyamanan anggota Nymphaea dalam berkegiatan di himpunan. Bidang Internal bertujuan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar anggota Nymphaea. Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya seperti Buka bersama, Nymphaea Gebrak, Welcome Bash, Nymphaea Day Out, Malam keakraban, wisuda, dan beberapa acara kekeluargaan lainnya. Bidang ini memiliki 4 divisi berbeda yang menyalurkan segala aspirasi anggota, yakni Divisi Biro Rumah Tangga, Divisi Olahraga, Divisi Kesenian, dan Divisi Akademik.


Divisi Biro Rumah Tangga (BRT)

Divisi Biro Rumah Tangga (BRT) adalah divisi yang berfungsi sebagai divisi yang memfasilitasi massa himpunan untuk mendukung kegiatan dan interaksi massa himpunan di secretariat himpunan. Tugas BRT merupakan tugas yang kontinu dan secara intensif dijalankan setiap harinya. Tujuan dari BRT adalah untuk membangun rasa tanggung jawab massa himpunan terhadap kesekretariatan. Hal ini yang mendasari bahwa perlunya mekanisme pengelolaan bersama untuk mendukung kesekretariatan yang nyaman untuk massa himpunan beraktivitas. Selain itu, BRT juga berperan dalam menunjang pengelolaan sarana dan prasarana secretariat himpunan. Mekanisme yang dibuat oleh BRT didasari oleh pengelolaan tata letak ruang, kebersihan, dan estetika kesekretariatan. Selain itu, untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab massa himpunan, divisi BRT yang berada di dalam Bidang Internal berfungsi juga sebagai penarik massa himpunan untuk berkegiatan bersama di ruang sekretariat. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh tim BRT adalah melakukan renovasi himpunan, mega cleaning, mengadakan piket rutin yang dilakukan oleh massa himpunan, pembuatan dan perawatan taman himpunan, dan inventarisasi barang-barang himpunan. Dengan didukungnya ruang secretariat himpunan yang bersih, tata letak ruang yang teratur, dan didukung dengan fasilitas penunjang yang ada, diharapkan massa himpunan akan lebih akrab dan nyaman berada di secretariat himpunan.


Divisi Olahraga

Divisi Olahraga Nymphaea berfungsi untuk memfasilitasi kebutuhan dan minat anggotanya dalam bidang olahraga. Setiap anggota memiliki kebutuhan, minat, dan bakat yang berbeda-beda. Divisi Olahraga merupakan divisi yang diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan minat dan bakat tersebut, khususnya dalam bidang olahraga. Seluruh program kerja yang dibuat difokuskan sesuai dengan kebutuhan dan minat anggota. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Divisi Olahraga dapat berupa latihan rutin, home tournament, manajemen supporter, dan kegiatan insidental lainnya  yang memiliki tujuan untuk mempererat ikatan antar anggota. Oleh karena itu, divisi ini berada di bawah Bidang Internal di dalam struktur organisasi. Prestasi yang seringkali diraih adalah menjadi juara dalam kompetisi voli putri. Dalam turnamen intrakampus seperti Olimpiade, tim voli putri dapat mempertahankan kejuaraan hingga lima kali berturut-turut. Prestasi lain yang pernah diraih adalah juara umum Raja Labtek Biru, juara 3 dalam kompetisi intrakampus Ganesha Basketball Season kategori basket putri, juara 3 dalam kompetisi intrakampus Unit Aktivitas Tenis Meja Cup kategori tenis meja putri, peringkat 5 pada Olimpiade 2013, dan lain-lain. Kegiatan insidental yang diselenggarakan oleh Divisi Olahraga dapat berupa olahraga bersama atau menyelenggarakan turnamen intrakampus untuk cabang olahraga tertentu karena merupakan syarat menjadi juara, salah satu contohnya adalah Ganesha Volleyball Cup.


Divisi Kesenian

Divisi Kesenian Nymphaea adalah divisi yang berfungsi mewadahi minat massa himpunan pada bidang seni. Seni gerak, seni musik, seni kriya, maupun seni lukis merupakan beberapa contoh bidang seni yang difasilitasi oleh Divisi Kesenian Nymphaea untuk massa himpunan Nymphaea. Rasa kekeluargaan dan penyaluran minat bakat seni adalah focus utama dari Divisi Kesenian Nymphaea. Kegiatan tutorial sering diberikan oleh Divisi Kesenian Nymphaea untuk massa himpunan Nymphaea yang ingin belajar mengenai kegiatan seni seperti melukis dengan cat air, membatik, dll.  Beberapa penampilan vocal group, Tari Saman, Tari Bali, Tari Merak, Tari Betawi, sudah sering dilakukan. Penampilan tersebut dilakukan oleh massa himpunan Nymphaea yang mengikuti latihan rutin yang diadakan oleh Divisi Kesenian Nymphaea. Selain seni penampilan seperti vocal group dan tari, Divisi Kesenian Nymphaea juga memiliki album musik yang menceritakan hubungan manusia dan alam, album ini disebut sebagai Album Hayati. Tiap tahunnya Divisi Kesenian mengadakan acara internal Nymphaea sebagai tempat massa himpunan Nymphaea untuk melepas penat dari kegiatan akademik.


Divisi Akademik

Divisi akademik merupakan divisi yang berfungsi sebagai fasilitas pendukung dalam kegiatan kurikuler mahasiswa. Divisi ini dibuat dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran massa HIMABIO Nymphaea akan tujuan utama sebagai insan akademik, disamping kesibukannya mengelola himpunan. Beberapa kegiatan yang menunjang kegiatan perkuliahan tersebut misalnya fasilitas tutorial mata kuliah wajib, advokasi mahasiswa mengulang TPB, penyebaran informasi beasiswa dari Lembaga Kemahasiswaan dan Tim Beasiswa ITB, pembuatan pusat data file-file kuliah, peminjaman buku, pembuatan buku KP (Kerja Praktek), serta pengenalan keilmuan Biologi ITB kepada masyarakat melalui berbagai media. Dengan adanya Divisi Akademik ini massa HIMABIO Nymphaea tetap dapat berkarya tanpa ketinggalan kegiatan kurikulernya.


Komentar Terbaru
Twitter Feed