Hallo sobat Nymphaea!

Kali ini, 14 juli 2017, kita memperingati Hari Hiu Sedunia atau Shark Awareness Day!

Belakangan ini, postingan “Hindari memakan sup sirip hiu menjadi viral. Hal ini menunjukkan salah satu kepedulian terhadap populasi hiu yang jumlahnya menurun dari waktu ke waktu. Sejak 14 September 2014 CITES (Convention on International Wild Flora and Fauna/Konvensi Perdagangan Internasional terhadap satwa dan Tumbuhan yang terancam punah) menyatakan bahwa pada saat ini ada 5 spesies hiu yang kini terancam punah statusnya.

Diketahui bahwa Indonesia merupakan negara penangkap hiu terbesar di dunia selama 2000-2010. Ada 4 jenis hiu di Indonesia yaitu : oceanic whitetip shark dan 3 lainnya termasuk hammerhead shark ( scalloped hammerhead, smooth hammerhead, dan great hammerhead ). Untuk menjaga supaya hiu tidak punah demi keseimbangan rantai makanan maka pada tanggal 14 Juli ditetapkan menjadi “Shark Awareness Day.”

Bagaimana cara melestarikan agar hiu tidak punah ?
1. WWF-Indonesia telah menghimau nelayan supaya tidak menggunakan kawat baja pada tali cabang rawai tuna demi mengurangi penangkapan sampingan berupa hiu.
2. Melakukan advokasi pelaksanaan National Plan of Action Pengelolaan Hiu yang berkelanjutan melalui pendekatan ekosistem.
3. Peluncuran “Save Our sharks” atau lebih dikenal dengan hastag #SOSharks, dimana tujuannya adalah untuk mengkampanyekan kepada masyarakat supaya menghentikan segala promosi kuliner, konsumsi, penjualan produk-produk hiu di restoran, toko, ritel dan media massa.

Sebagai warga masyarakat yang baik dan cinta terhadap lingkungan hidup, sudah sepatutnya kita agar mencegah dan menjaga habitat hiu di lautan. Hiu diciptakan untuk ditakdirkan hidup, selama ini kita mengetahui bahwa hiu adalah predator laut yang mematikan, namun seandainya kita tidak menyerang hiu dan hidup berdamai dengan mereka, tentulah hiu tidak akan menyerang manusia dan tidak akan punah dari muka bumi ini. Oleh karena itu penting untuk menanamkan kesadaran agar saling menjaga kelestarian hiu. (Elisa Fitri)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.