World Environment Day yang berlagsung pada tanggal 5 Juni 2014 kali ini mengangkat tema mengenai SIDS (Small Island Developing States). Pulau-pulau kecil kemungkinan banyak yang memiliki ekosistem yang kaya, biodiversitas serta lansekap unik dan mempesona. Namun, tantangan bagi negara-negara kecil seperti perubahan iklim, pengelolaan limbah, konsumsi yang tidak berkelanjutan, degradasi sumber daya alam, bencana alam yang ekstrem di tengah-tengah overpopulasi serta berkembangnya industrialisasi – merupakan masalah yang dihadapi kita semua.

Perubahan iklim seperti pemanasan global merupakan permasalahan utama yang menyebabkan permukaan laut meningkat. Menurut Panel Internasional Perubahan Iklim (IPCC), permukaan air laut global akan meningkat dan diproyeksikan akan lebih besar abad ini. Ketika hal ini terjadi, maka negara kecil ini kemungkinan lama kelamaan akan terancam hilang.

Namun, pulau-pulau ini beberapa juga telah berhasil dalam mengatasi masalah lingkungan mereka. Sebagai contoh, baru-baru ini Tokelau mulai memproduksi 100 % energi dari sumber surya. Di Barbados juga mulai memaksimalkan solar system. Di Fiji, membuat sistem drainase baru dan seawalls serta warga setempat memulihkan hutan bakau dan terumbu karang untuk membantu mencegah banjir dan erosi. Hal ini adalah bberapa contoh yang dapat diterapkan untuk masalah lingkungan di seluruh dunia.

Mari kita dukung sustainable development, for the better island future! #bioday #WED

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.