JADI TOP ILMUWAN DALAM SATU KLIK?

Sekarang ini, pembaruan dan berita terhangat dari riset yang berpengaruh besar sangatlah banyak. Pengamatan penelitian terhangat dibutuhkan untuk semua ilmu pengetahuan, khususnya ketika kita mempunyai interest di bidang tertentu yang sedang hangat-hangatnya diteliti. Selain itu, jurnal yang berpengaruh berkembang jumlahnya. Lalu, bagaimana cara kita memaksimalkan input dari perkembangan penelitian terhangat yang ada pada jurnal yang berkembang jumlahnya tersebut? Bisakah kita melakukannya dengan ‘satu klik’?

Continue reading

Fakta atau Hoax: Benarkah makan biji bisa bikin usus buntu?

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan pada tahun 2014 di 15 provinsi Indonesia, diketahui bahwa terdapat 4.351 kasus apendisitis. Jumlah tersebut meningkat cukup drastis dibandingkan dengan hasil survey tahun 2013 dimana hanya terdapat 3.236 kasus apendisitis.

Nah orang Indonesia kan suka makan yang pedes-pedes tuh, jadi banyak biji cabe yang nyangkut di usus makanya jadi usus buntu kan. Hubungan cocoklogi antara biji dengan usus buntu telah menyebar secara luas di Indonesia. Namun benarkah rumor tersebut?

Continue reading

Taman Komodo Terbakar, 10 Hektare Savana Hangus

Kamis, tanggal 2 Agustus telah terjadi kebakaran yang menghanguskan 10 hektar lahan di Pulau  Gililawa Darat, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Walaupun begitu, kebakaran tersebut untungnya tidak memakan korban habitat hewan di lokasi. Peristiwa tersebut pertama kali dilaporkan pukul 18.15 waktu setempat namun baru dapat dipadamkan oleh satu pleton tim pemadam kebakaran dari Labuan Bajo pada pukul 03.15 waktu setempat. Kebakaran pada lahan dengan dominasi rumpur savana tersebut menjadi susah dipadamkan karena saat peristiwa kejadian terjadi, terdapat angin yang cukup kencang yang menyebabkan kebakaran meluas dengan cepat.Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budi Kurniawan mengatakan berdasarkan hasil penyidikan sementara sosok yang diduga menjadai penyebab kebakaran ialah penumpang kapal Indonesia Juara (perusahaan perjalanan wisata).

Continue reading

Efek penghambat lemak dari serat nano

Pengen kurus tapi tetap makan banyak? Pengen menjaga pola makan biar gak sakit diabetes? Atau untuk menghindari penumpukan lemak berlebih sehingga dapat mengurangi resiko kanker?

Semua hal tersebut sekarang semakin mungkin untuk dilakukan. Berdasarkan penemuan terbaru yang dilakukan oleh kolaborasi peneliti dari Nanyang Technology  dan Harvard University, ditemukan bahwa serat nanoselulosa yang berukuran 100 kali lebih kecil dari rambut manusia dapat menghambat penyerapan lemak hingga 48% pada saluran gastrointestinal.

Continue reading

Pilih kopi atau tidur sebentar?

Tentu diantara 2 pilihan tersebut, tidurlah yang menjadi pilihan menarik. Namun, seringkali dengan tugas menumpuk dan waktu yang sedikit, tentunya bikin kita lebih memilih untuk minum kopi daripada mengambil resiko tidur sebentar yang ga jarang malah jadi keterusan sampe pagi.

Tapi ternyata, berdasarkan penelitian ada hal yang lebih efektif daripada minum kopi atau tidur yang bisa kalian coba lakukan, yaitu coffee nap. Dengan cara minum segelas kopi kemudian melakukan tidur sebentar.

Continue reading

Bakteri Pengubah Perasaan

Berdasarkan percobaan transplantasi komunitas mikroba (trans-poo-sion) yang dilakukan oleh APC Microbiome Centre di Universitas College Cork diketahui bahwa apabila kita melakukan transfer bakteri, secara tidak langsung kita juga melakukan transfer perilaku.
Hal ini dibuktikan dari perilaku anhedonia (kehilangan interest terhadap sesuatu yang sebelumnya disukai) yang muncul setelah percobaan. Continue reading

Apakah mammalian diving response itu?

The Mammalian Dive Response/Reflex (MDR) merupakan suatu mekanisme fisiologis yang dimiliki oleh mamalia untuk dapat menyesuaikan kondisi tubuh terhadap lingkungan yang rendah oksigen (dalam air). MDR akan teraktivasi ketika wajah menyentuh permukaan air atau ketika mamalia mulai menahan nafas. Perilaku ini diketahui dapat mengubah homeostatis tubuh. Perilaku ini tidak hanya dimiliki oleh mamalia air, tapi juga dapat dimiliki manusia dan mamalia terrestrial.

Continue reading

Bioday #1 Shark Awareness Day!

Hallo sobat Nymphaea!

Kali ini, 14 juli 2017, kita memperingati Hari Hiu Sedunia atau Shark Awareness Day!

Belakangan ini, postingan “Hindari memakan sup sirip hiu menjadi viral. Hal ini menunjukkan salah satu kepedulian terhadap populasi hiu yang jumlahnya menurun dari waktu ke waktu. Sejak 14 September 2014 CITES (Convention on International Wild Flora and Fauna/Konvensi Perdagangan Internasional terhadap satwa dan Tumbuhan yang terancam punah) menyatakan bahwa pada saat ini ada 5 spesies hiu yang kini terancam punah statusnya.

Continue reading